Rabu, 25 Desember 2013

STRATEGI, MODEL PEMBELAJARAN

Add caption
STRATEGI, MODEL. PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

Belum tahukan bedanya model, strategi, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran?
Beda Strategi, Model, pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran itu harus anda ketahui bila anda menjadi seorang pendidik.
Banyak yang tidak paham dengan perbedaan anatara strategi, model, pendekatan, metode, dan teknik. Nah berikut ini ulasan singkat tentang perbedaan istilah tersebut.

Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Pendekatan adalah konsep dasar yang mewadahi, menginsipirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Metode pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah-langkah, dan cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan jabaran dari pendekatan. Satu pendekatan dapat dijabarkan ke dalam berbagai metode pembelajaran. Dapat pula dikatakan bahwa metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan ke pencapaian tujuan.
Dari metode, teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas saat pembelajaran berlangsung.
Teknik adalah cara kongkret yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.
Guru dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran. Bungkus dari penerapan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran tersebut dinamakan model pembelajaran.
Sebagai ilustrasi, saat ini banyak remaja putri menggunakan model celana Jablai yang terinspirasi dari lagu dangdut dan film Jablai. Sebagai sebuah model, celana jablai berbeda dengan celana model lain meskipun dibuat berdasarkan pendekatan, metode, dan teknik yang sama. Perbedaan tersebut terletak pada sajian, bentuk, warna, dan disainnya.
Kembali ke pembelajaran, guru dapat berkreasi dengan berbagai model pembelajaran yang khas secara menarik, menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa. Model guru tersebut dapat pula berbeda dengan model guru di sekolah lain meskipun dalam persepsi pendekatan dan metode yang sama.
Oleh karena itu, guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi yang di dalamnya terdapat pendekatan, model, dan teknik secara spesifik. Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya aspek yang juga paling penting dalam keberhasilan pembelajaran adalah penguasaan model pembelajaran.


Top of Form
Ada beberapa istilah yang muncul terkait proses pembelajaran dan interaksi antara guru dan peserta didik. Istilah itu terkadang sulit dipahami, karena memang makna masing masing sangat berdekatan. Biasanya istilah itu akan mudah dipahami, jika langsung dipraktekkan dengan bimbingan tutor. Tutorlah yang menjelaskan bahwa yang dilakukan sekarang adalah ini dan seterusnya. Secara keseluruhan istilah tersebut adalah bagian dari model pembelajaran. Istilah tersebut, yaitu pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran, taktik pembelajaran, dan model pembelajaran.
Keenam istilah tersbut dipahami sebagai struktur berurutan. Secara gamblang dapat dimaknia, pendekatan melahirkan strategi, strategi melahirkan metode, metode melahirkan teknik, teknik melahirkan taktik, dan keseluruhannya disebut sebagai model pembelajaran. Celoteh ini akan mencoba memaparkan secara sederhana masing-masing makna dari istilah tersebut.
Pertama: Pendekatan pembelajaran. Pendekatan sifatnya umum, tergantung sudut pandang siapa yang akan mendekati. Pendekatan dapat pula diartikan sebagai titik tolak, awal dari memulai suatu proses. Pendekatan pembelajaran berarti titik awal cara pandang kita menghadapi suatu proses pembelajaran. Dari sinilah dimulai dan melahirkan suatu metode, startegi, teknik pembelajaran. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach), dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Kedua: Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Jika merunut pada pendapat Newman, memahami strategi dapat melalui empat unsur strategi yang ada dalam setiap usaha, yaitu identifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, pertimbangan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran, pertimbangan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak awal sampai akhir, dan pertimbangan dalam menetapkan tolok ukur dan standard.
Jika empat unsur itu dikolaborasikan dalam konteks pembelajaran, maka seorang guru jika telah menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran, melakukan pilihan sistem pendekatan pembelajaran, langkah-langkah atau prosedur, dan batas minimum ukuran keberhasilan atau criteria, maka pada dasrnya guru tersebut telah melakukan sebuah strategi dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Seperti halnya dalam pendekatan pembelajaran, startegi pembelajaran dapat dikelompokkan dua kelompok besar, yaitu exposition discovery learning dan group individual learning. Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
Ada istilah yang dekat dengan strategi pembelajaran, yaitu desain pembelajaran. Bedanya desain pembelajaran lebih menunjuk kepada cara merencanakan sistem lingkungan belajar tertentu setelah ditetapkan strategi pembelajaran.
Ketiga: Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata untuk mencapai tujuan. Ketika pendekatan masih dalam tahap cara pandang, dan strategi tertuang dalam konsep, maka metode adalah bentuk aplikatifnya. Ceramah, demonstrasi, diskusi dll, adalah contoh metode pembelajaran
Keempat: Teknik Pembelajaran. Istilah teknik biasa juga digunakan dengan bahasa taktik, meski sebenarnya ada sedikit perbedaan. Teknik lebih dekat dengan siasat. Artniya teknik pembelajaran, adalah bagaimana seorang guru mensiasati sebuah keadaan yang sifatnya sudah spesifik. Contoh; sebua kelas dengan jumlah siswa sedikit, dan guru mencoba menggunakan metode diskusi kelompok, tentu akan memancing masalah baru. Namun guru dengan teknik sendiri kemudian mampu melakukannya.
Teknik dapat berganti seusai kondisi interaksi peserta didik dan guru. Bahkan terkadang dengan alasan teknik, pendekatan, strategi, dan metode yang sudah dibangun sejak awal terpaksa diganti untuk menyesuaikan.
Kelima: Taktik Pembelajaran. Taktik sebenarnya hanya bagian atau variasi dari teknik. Taktik pembelajaran adalah variasi dari teknik pembelajaran. Asumsi dasarnya sama, yaitu penyesuaian. Misalnya metode ceramah di kelas A menggunakan humor, di kelas B, karena tidak sesuai dilakukan dengan alat bantu dll.
Lima hal yang telah dipaparkan di atas, apabila menjadi satu kesatuan yang utuh, disebutlah sebagai model pembelajaran. Artinya pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran terangkai dalam satu struktur dan diterapkan secara aplikatif. Bruce Joyce dan Marsha Weil mengetengahkan empat kelompok model pembelajaran, yaitu interaksi sosial, pengolahan informasi, personal-humanistik; dan model modifikasi tingkah laku

Hakikat Pendekatan, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran Presentation Transcript

  • 1. Nama kelompok 8 Siti Qomariyah Rindi Santika Amri Yeni Fajar Fitria Riri Amanda Fitriana Sonia Nelly
  • 2. HakikatPendekatan,Model, Metode,dan TeknikPembelajaran
  • 3. Hakikat Pendekatan Pembelajaranž Pengertian Pendekatan Pembelajaran Istilah pendekatan berasal dari bahasa Inggris approach yang memiliki arti ’pendekatan’. Di dalam dunia pengajaran, approach atau pendekatan dapat diartikan cara memulai pembelajaran. Menurut pendapat Wahjoedi (1999), pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal.
  • 4. Fungsi Pendekatan Pembelajaran Fungsi pendekatan bagi suatu pengajaran adalah sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-Iangkah metode pengajaran yang akan digunakan. Sering dikatakan bahwa pendekatan melahirkan metode. Artinya, metode suatu bidang studi, ditentukan oleh pendekatan yang digunakan. Di samping itu, tidak jarang nama metode pembelajaran diambil dari nama pendekatannya.
  • 5. Perbedaan Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran Prinsip PendekatanLahir dari teori-teori Lahir dari asumsi-asumsiBerperan sebagai kerangka teori Berperan sebagai ancangan ataumetode pembelajaran. pedoman langsung metode pembelajaran.Memberi pedoman kepada Memberi pedoman kepadametode pembelajaran dalam metode pembelajaran terutamabanyak hal, seperti bahan, siswa, dalam hal proses belajarguru, proses belajar mengajar. mengajar.Hubungannya dengan metode Hubungannya dengan(penyusunan metode bersifat tak penyusunan metode bersifatlagsung dalam bentuk saran). langsung dan menentukan wujud metode. Metode lahir dari pendekatan.
  • 6. Macam-Macam Pendekatan Pembelajaran 1. Pendekatan Umum yaitu pendekatan yang berlaku bagi semua bidang studi di suatu sekolah. Contoh pendekatan umum yang ditetapkan kurikulum antara lain: a. Pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) b. Pendekatan Keterampilan Proses c. Pendekatan Spiral d. Pendekatan Tujuan
  • 7. 2. Pendekatan khusus, yaitu pendekatan yangberlaku untuk bidang studi tertentu, misalnyapendekatan khusus pembelajaran bahasaIndonesia. Beberapa contoh pendekatankhusus yang pernah digunakan dalampembelajaran bahasa misalnya:a. pendekatan komunikatif,b. pendekatan struktural,c. pendekatan Iisan,d. pendekatan langsung,e. pendekatan tak langsung,f. pendekatan alamiah.
  • 8. Hakikat Model Pembelajaran Pengertian Model Pembelajaran Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Dengan kata lain, model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang dapat kita gunakan untuk mendesain pola-pola mengajar secara tatap muka di dalam kelas dan untuk menentukan material atau perangkat pembelajaran.
  • 9. Unsur-Unsur Model Pembelajaran Joyce dan Weil (1986: 14-15) mengemukakan bahwa setiap model belajar mengajar atau model pembelajaran harus memiliki empat unsur berikut.a. Sintak (syntax)b. Sistem sosial (the social system)c. Prinsip reaksi (principles of reaction)d. Sistem pendukung (support system)
  • 10. Fungsi Model Pembelajaran Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. Karena itu, pemilihan model sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan dibelajarkan, tujuan (kompetensi) yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut, serta tingkat kemampuan peserta didik.
  • 11. Ciri Model Pembelajarana. Rasional teoretik yang logis yang disusun oleh penciptanya atau pengembangnya,b. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai),c. Tingkah laku yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan secara berhasil, dand. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai (Kardi dan Nur dalam Trianto 2007).
  • 12. Macam Model Pembelajaran Menurut Karli dan Yuliariatiningsih (2002), macam-macam model pembelajaran adalah: (a) model pembelajaran kontekstual (CTL), (b) model pembelajaran berdasarkan masalah, (c) model pembelajaran konstruktivisme, (d) model dengan pendekatan lingkungan, (e) model pengajaran langsung, (f) model pembelajarn terpadu, dan (g) model pembelajaran interaktif.
  • 13. Cara Memilih Model Pembelajaran Dalam memilih suatu model pembelajaran harus mempertimbangkan antara lain materi pelajaran, jam pelajaran, tingkat perkembangan kognitif siswa, lingkungan belajar, dan fasilitas penunjang yang tersedia. Dengan cara itu, tujuan (kompetensi) pembelajaran yang telah ditetapkan dapat dicapai.
  • 14. Hakikat Metode Pembelajaran Pengertian Metode Pembelajaran Prawiradilaga (2007) Menyatakan bahwa metode Pembelajaan adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan guru dalam mencapaitujuan pembelajaran. Dapat dikatakan metode pembelajaran adalah proses pembelajaran yang difokuskan kepada pencapaian tujuan.
  • 15. Macam-Macam Metode Pembelajarana.Metode Umum (Metode Umum Pembelajaran) adalah metode yang digunakan untuk semua bidang studi atau mata pelajaran. Misalnya metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi.b.Metode Khusus (Metode Khusus Pembelajaran Bidang Studi Tertentu) adalah metode pembelajaran tiap-tiap bidang studi, misalnya metode khusus pengajaran bahasa.
  • 16. Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Metode Dalam memilih metode pembelajaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (Suryobroto 1986, diacu dalam solihatin2007 adalah : a. Tujuan yang akan dicapai, b. Bahan yang akan diberikan, c. Waktu dan perlengkapan yang tersedia, d. Kemampuan dan banyaknya murid, e. Kemampuan guru mengajar.
  • 17. Hakikat Teknik Pembelajaran Pengertian Teknik Pembelajaran Menurut Sudrajat (2008 : 1) mengemukakan bahwa teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, dan akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.
  • 18. Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Penentuan Teknik Pembelajaran Teknik pembelajaran ditentukan berdasarkan metode yang digunakan, dan metode disusun berdasarkan pendekatan yang dianut. Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi penentuan teknik pembelajaran di antaranya: situasi kelas, lingkungan, dan kondisi siswa, sifat-sifat siswa, dan kondisi yang lain.
  • 19. Perbedaan Metode Pembelajaran dan Teknik Pembelajaran Metode TeknikMencakup semua tahap dalam Hanya tertuju kepada satu tahapproses belajar mengajar. proses belajar mengajar, yaitu pada tahap pelaksanaan.Bersifat prosedural (menggam- Bersifat implementasional (meng-barkan prosedur langkag-lang- gambarkan pelaksanaankah menyeluruh proses belajar pengajaran di kelas).mengajar).Tidak tampak dengan melihat Tampak pada saat melihat guruguru yang sedang mengajar di yang sedang mengajar di kelas.kelas.Ditunjukkan untuk mencapai Ditujukan untuk mencapai tujuantujuan umum. khusus.
  • 20. Macam-Macam Teknik Pembelajaran Teknik Umum (Teknik Umum Mengajar) Teknik umum adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk semua bidang studi. Teknik Khusus (Teknik Khusus Pengajaran Bidang Studi Tertentu) Teknik khusus adalah cara mengajarkan (menyajikan atau memantapkan) bahan- bahan pelajaran bidang studi tertentu. “END”


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes